Saturday, July 5, 2014

Penyebab & Gejala Osteoporosis

Ada tak dikalangan kawan2 sudah mengalami gejala ini? mari kita lihat apa itu Osteoporosis?

Osteoporosis adalah keadaan di mana berlakunya kemerosotan pada tulang yang normal dan menyebabkan tulang menjadi rapuh. Ia menjadikan tulang seperti span dan rapuh dari dalam. Masalah yang berlaku pada tulang rangka ini melemahkannya dan menyebabkan risiko tulang retak atau patah semakin meningkat. 

Osteoporosis sukar dikesan sehingga bertahun-tahun lamanya sehinggakan pesakit sendiri tidak sedar dirinya mengalami osteoporosis seterusnya mengalami retak tulang yang menyakitkan.

Tulang yang normal mengandungi Protein, Kolagen dan Kalsium yang menjadikannya kuat manakala tulang yang mempunyai masalah Osteoporosis pula boleh retak hanya disebabkan kecederaan ringan yang biasanya tidak boleh menyebabkan tulang patah.

Keretakan boleh terjadi sama ada dalam bentuk retak (seperti pinggul retak) atau rekahan mampat pada tulang vertebra tulang belakang. Tulang belakang, pinggul dan pinggang adalah kawasan yang biasany mengalami retak yang berkemungkinan berlaku pada tulang rangka lain.

Dianggarkan 1:3 wanita dan 1:12 lelaki berumur melebihi 50 tahun kini menderita akibat osteoporosis di seluruh dunia. 




 
Apa Simptom2 Osteoporosis?
  • Osteoporosis tidak mempunyai simptom khusus melainkan berlakunya retak tulang dengan mudah.
  • Retak di bahagian vertebra tulang belakang boleh menyebabkan kesakitan teruk dari bahagian belakang hingga ke sisi badan.
  • keretakan tulang belakang boleh berulang dan menyebabkan kesakitan kronik bahagian belakang terutamanya di pinggang dan pinggul yang kelihatan seperti berbonggol.
  • Retakan yang berlaku secara normal dipanggil retakan trauma minimum atau retak stres. Contohnya, sesetengah pesakit yang mengalami osteoporosis boleh menyebabkan retak stres lebih teruk di kaki ketika berjalan.
  • Retak pinggul pula biasanya berlaku disebabkan terjatuh. Di kalangan penghidap osteoporosis, retak pinggul boleh berlaku walaupun hanya disebabkan kemalangan kecil. Retak pinggul juga sukar dirawat kerana kualiti tulang yang teruk.


GOLONGAN YANG BERISIKO MENGIDAP OSTEOPOROSIS
  • ATLET profesional: kerana mereka menggunakan tenaga di tahap optimum, seperti pelari maraton.
  • KURANG bersenam dan diet kalsium rendah: badan akan mengekalkan kepadatan tulang mengikut aktiviti fizikal individu. Bagi mereka yang kurang bersenam, badan tidak akan mengekalkan kepadatan tulang yang tinggi walaupun dengan nutrien yang cukup. Beberapa kajian menunjukkan senaman ringan seperti aerobik, angkat berat ringan dan sukan ketahanan dapat mengekalkan atau meningkatkan kepadatan mineral tulang (BMD) wanita yang telah menopaus.
  • WANITA: lelaki mempunyai kepadatan tulang lebih tinggi daripada wanita dan hanya hilang 0.3 peratus kepadatan tulang mereka setiap tahun berbanding 0.5 peratus setahun untuk wanita.
  • TERLALU kurus: memiliki kerangka tulang badan yang kecil akan lebih berisiko manakala berat badan berlebihan melindungi daripada osteoporosis melalui peningkatan beban berat badan atau hormon leptin.
  • GENETIK: ahli keluarga yang pernah mengalami retak pinggul akibat osteoporosis menjadikan anak berisiko dua kali ganda lebih tinggi.
  • MENGALAMI keretakan atau patah tulang ketika dewasa.
  • MEROKOK dan pengambilan alkohol berlebihan.
  • PENYERAPAN nutrien dari makanan tidak sempurna, nutrien tidak diserap dengan sempurna oleh sistem gastrousus.
  • MENOPAUS (putus haid), wanita boleh kehilangan sehingga empat peratus kepadatan tulang setiap tahun untuk tempoh lima hingga 10 tahun pertama selepas menopaus. Ini boleh menyebabkan kehilangan kepadatan tulang sehingga lebih 30 peratus dalam tempoh 10 tahun tersebut.
  • HIPERTIROIDISME, penyakit di mana pengeluaran hormon paratiroid berlebihan oleh kelenjar tiroid atau disebabkan pengambilan terlalu banyak ubat mengandungi hormon tiroid.
  • KURANG vitamin D, yang membantu badan menyerap kalsium. Apabila vitamin D kurang, badan tidak mampu menyerap amaun kalsium yang diperlukan untuk mencegah osteoporosis.
  • PENGAMBILAN sesetengah ubat yang menyebabkan osteoporosis seperti heparin (untuk mencairkan darah).
  • PENDEDAHAN kepada logam berat, pendedahan kepada logam kadmium dan plumbum telah dibuktikan menyebabkan kepadatan tulang semakin merosot dan membawa kepada osteoporosis tanpa mengira usia dan jantina.
  • MINUMAN ringan, beberapa kajian mendakwa minuman ringan yang mengandungi asid fosforik mungkin meningkatkan risiko ospeoporosis.


LANGKAH PENCEGAHAN
Amalkan pengambilan berikut bagi mengurangkan risiko osteoporosis:

Langkah & Pencegahan Osteoporosis


Bukan Sekadar Kalsium

OSTEMATRIX Shaklee: Lebih daripada Sekadar Kalsium

  • OsteMatrixTM membekalkan nutrien-nutrien harian termasuk kalsium yang dapat membantu dalam pembentukan dan penjagaan tulang dan gigi. Ia juga mengandungi magnesium, vitamin D dan mineral zink, tembaga dan manganese untuk membantu dalam memelihara kesihatan yang baik. Kaplet yang bersaiz kecil dan disalut licin ini juga mudah ditelan.

ISTIMEWANYA OSTEMATRIX BERBANDING JENAMA LAIN  
  • Kalsium yang isinya seimbang memastikan kadar penyerapannya adalah 99%. Formulanya unik, dibuat dari mineral semulajadi dan garam mineral dari Laut Mati, mengandungi Kalsium, Magnesium, Fosforus & Vitamin D, Zinc, Kuprum, Manganes dan boron. Nutrien2 ini perlu diambil bersama2 utk penyerapan oleh tubuh dan menghalang endapan sesetengah mineral.  Kajian telah membuktikan supplimen kalsium akan meningkatkan ketumpatan tulang wanita yang telah berumur secara berkesan.

MANFAAT UTAMA:
  • Menguatkan tulang - Kalsium menghalang osteoporosis, menguatkan kuku, kerangka, gigi, sistem saraf. Ia juga merawat tulang retak, osteomalacia (rickets dewasa), kuku rapuh, eczema, konvulasi/kekajangan, gusi berdarah dan merangsang darah untuk memekat. 
  • Memperbaiki kekejangan dan kebas2 - Pengambilan 600mg kalsium sebelum tidur akan memperbaiki kebas-kebas, kekejangan, sakit sendi & artritis.
  • Meringankan stres - Ianya mengimbangi tekanan darah, memelihara dennyutan jantung, impuls saraf, penenang saraf, menggalakkan tidur yang selesa, memperbaiki jantung berdebar, gementar, mimpi buruk & stress.  Juga memperbaiki depresi, mood swing, sakit kepala & pitam.
  • Memperbaiki masalah haid - Kajian menunjukkan dengan pengambilan 1000mg kalsium dan magnesium serentak meringankan sakit waktu haid dan membantu membuang air kecil.
  • Pengalkalian tubuh - Kalsium adalah mineral alkalin dan ianya berkesan memastikan imbangan PH tubuh. Ianya juga menghalang obesiti diwaktu umur tua. Tambahan pula kalsium membantu sel menyerap nutrient dan merangsang detoksifikasi.
  • Memperbaiki hiperaktiviti perut dan sakit gastrik

KANDUNGAN OSTEMATRIX 

Vitamin D:
  • Dinamakan sebagai Vitamin D pada tahun 1916 bila didapati ia mampu merawat penyakit rickets. Ia meningkatkan penyerapan kalsium dan fosforus untuk meninggikan ketumpatan tulang, menguatkan kerangka, memperbaiki penyakit periodontal. Vegetarian yang kurang terdedah pada matahari sewaktu musim panas, individu melebihi 55 tahun, wanita hamil dan kanak2 perlu mengambil supplimen Vitamin D.

Magnesium:
  • Ini adalah ion positif no.2 penting di dalam tubuh kita. Ianya menggalakkan komposisi tulang dan rawan. Membantu sistem saraf, mengaktifkan enzim tubuh untuk menghasilkan tenaga, pengecutan saraf dan otot, menstabilkan denyutan tidak sekata pesakit jantun, memudahkan rembesan keluar sisa dari perut dan usus, menghalang endapan kalsium, melarut dan mengurangkan formasi batu karang atau batu hempedu.  Ianya juga penting untuk mereka yang mempunyai masalah fliktuasi glukos.
Zinc, Boron, Manganes, Kuprum:
  • Memelihara metabolism kerangka dan pertumbuhan otot, menyusun enzim yang diperlukan untuk membaiki tulang, rawan dan menghalang artritis.


1 tablet Ostematrix = 1 gelas susu tinggi kalsium = 80 biji badam


Bagaimana memilih Kalsium premium?  
@@ pilih produk yang ada Vitamin D dan magnesium @@ elakkan produk yang dibuat dari tulang dan dolomite untuk mengelak keracunan plumbum @@ elakkan mineral chelated kerana proses tersebut boleh menyebabkan tubuh menyerap logam berat tercemar dan toksin dalam proses menyerap mineral



Tiada perasa tiruan, pemanis, pewarna atau bahan pengawet tambahan.


Retail Price: RM61
Size: 120tab 

TEMPAH SEKARANG UNTUK KESIHATAN SEISI KELUARGA



untuk ORDER Klik sini!

ORDER NOW!!

 ORDER Anda akan DIRECT MELALUI E-SELL Shaklee


Konsultasi percuma boleh hubungi fiza:

Afriza (Fiza) ** Shaklee ID: 949698 ** sms/whatsapp: 012 4513311 /
011 10833115 ** FB Page: Qisya E Shoppe ** email: eija_2004@yahoo.com
Mangan atau manganesse adalah zat mineral dari makanan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh,seperti membangun struktur tulang yang sehat, metabolisme tulang, dan membantu menciptakan enzim penting untuk membangun tulang. Selain itu juga bekerja sebagai koenzim untuk membantu aktivitas metabolisme dalam tubuh manusia. beberapa manfaat mangan lainnya termasuk pembentukan jaringan ikat, penyerapan kalsium, berfungsinya kelenjar tiroid dan hormon reproduksi, mengatur tingkat gula darah, dan metabolisme lemak dan karbohidrat.
Mangan adalah mineral alami dalam tubuh kita dalam jumlah yang sangat kecil, dan sebenarnya merupakan senyawa enzim oksida dismutase yang super. Mangan juga merupakan zat antioksidan kuat yang akan mengelurakan radikal bebas dari dalam tubuh manusia.
Didalam Tubuh kita kemungkinan paling banyak terdapat 20 mg mangan, yang terkonsentrasi di ginjal, pankreas, hati dan tulang. Mangan juga sangat penting untuk fungsi normal otak dan aktivitas normal sistem saraf kita seluruh tubuh. Sejauh ini penelitian bisa mengatakan jika mineral ini merupakan mineral penting bagi setiap bentuk kehidupan.
Gejala Kekurangan Mangan
Gejala-gejala defisit termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kedutan, kram, kelainan tulang, kolesterol tinggi, penglihatan yang buruk, kesulitan mendengar, kehilangan memori yang parah, kedinginan dan tremor. Meskipun beberapa ahli medis berpendapat jika kasus kekurangan mangan cukup langka, namun lebih dari 35 % populasi dunia diperkirakan kekurangan mineral ini. Kebiasaan makan yang buruk adalah penyebab utamanya.

Manfaat mangan bagi kesehatan

Berikut ini adalah daftar manfaat mangan yang paling signifikan dan telah diteliti :
Tulang yang sehat: Mangan sangat penting untuk pertumbuhan dan normal struktur tulang yang tepat. Ini adalah mineral yang sangat efektif membantu peningkatan kepadatan mineral tulang belakang. Hal ini terutama berlaku dan berguna bagi wanita pasca-menopause, karena mereka paling banyak menderita kekurangan mangan setelah menopause
Radikal Bebas : Karena sifat antioksidan, mangan juga bermanfaat  menjaga aktivitas radikal bebas dalam tubuh manusia . Radikal bebas ini mampu merusak sel manusia dan menyebabkan kanker dan penyakit berat lainnya. Dengandemikian,  menambahkan suplemen mangan atau makanan kaya mineral ini adalah pilihan yang sangat baik terutama yang memiliki faktor risiko  berbagai penyakit .
Tingkat gula : Mangan juga telah menunjukkan efisiensinya mengendalikan tingkat gula dalam darah. Hal ini lebih lanjut dapat mencegah terjadinya penyakit tertentu seperti diabetes. Untuk mengontrol tingkat gula dalam darah, mangan bekerja dengan menormalkan sintesis dan sekresi insulin.
Epilepsi : Rendahnya tingkat mangan bisa memicu serangan epilepsi. Suplemen mangan dapat membantu mengendalikan kemungkinan terjadinya kejang epilepsi. Mekanisme yang tepat untuk ini tidak sepenuhnya dipahami, akan tetapi mangan telah ditunjukkan sebagai vasodilator dalam berbagai penelitian. Beberapa peneliti percaya bahwa ini adalah adalah kunci untuk kualitas anti epilepsi.
Metabolisme : Pengaturan metabolisme tubuh merupakan salah satu fungsi penting mangan. Mangan adalah enzim aktif yang membantu metabolisme glutamin, kolesterol, asam amino, dan karbohidrat. Hal ini juga penting untuk metabolisme Vitamin seperti Vitamin E dan Vitamin B – 1 . Selain itu, membantu fungsi hati agar bisa berjalan dengan baik dan lancar.
Peradangan dan Terkilir : Mangan adalah obat yangbanyak dikenal untuk membantu mempercepat kesembuhan keseleo serta peradangan,  karena membantu meningkatkan tingkat superoksida dismutase. Peningkatan ini disebabkan oleh sifat antioksidan. Superoksida dismutase, juga dikenal sebagai SOD, biasanya ditemukan dengan jumlah kadar yang sangat rendah pada pasien arthritis(rematik). SOD memiliki kualitas anti  inflamasi, dimana yang sangat dibutuhkan penderita arthritis. Menurut bebrbagai penelitian, menambahkan asupan mangan akan meningkatkan sintesis dan fungsi SOD yang terhubung dengan penurunan gejala kondisi ini.
iklan
Mencegah Osteoporosis : suplemen mangan yang terkait mencegah osteoporosis dan sindrom osteoarthritis,  karena merupakan mineral penting yang telah terbukti menambah kepadatan tulang dan kepadatan mineral secara keseluruhan. Namun, sebagai setiap individu berbeda dalam hal pembentukan dan perbaikan tulang, sehingga hasil penelitian masih agak kurang. Dalam pengujian terhadap manusia, sebagian besar penelitian kesehatan tulang yang dilakukan tidak hanya menggunakan mangan. Penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk mengetahui peran spesifik dan mekanisme mangan pada tubuh.
Kesehatan tiroid : Mangan adalah kofaktor penting bagi banyak enzim yang berbeda, dan merupakan senyawa penting dari tiroksin – bisa dibilang sebagai hormon yang paling penting dalam kelenjar tiroid. Berfungsinya kelenjar tiroid dan sintesis hormon akan menguntungkan untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk penurunan berat badan, nafsu makan, metabolisme, dan efisiensi sistem organ. Baca juga: Makanan yang harus dihindari oleh penderita sakit kelenjar tiroid
Mengurangi sindrom pramenstruasi : Fakta yang tidak dapat dihindari bahwa banyak wanita yang menderita sindrom pramenstruasi (PMS). Dalam situasi in, mangan dapat membantu untuk meringankan perubahan suasana hati, sakit kepala, depresi dan perasaan mudah tersinggung hingga batas tertentu. Penelitian telah menunjukkan kaitannya antara rendahnya berbagai mineral, termasuk mangan pada wanita yang menderita gejala PMS sangat parah, sehingga dianjurkan untuk minum suplemen. Dampak mangan pada fungsi hormonal tubuh bisa sangat terlihat, sehingga berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan suplemen mangan untuk PMS.
Membantu penyerapan vitamin : Mangan membantu menyerap vitamin penting seperti vitamin B dan E dan mineral seperti magnesium. Hal ini karena mangan berperan dalam reaksi enzimatik yang diperlukan untuk menyerap dan memanfaatkan vitamin yang diambil dari makanan. Mangan adalah salah satu kofaktor yang paling serbaguna untuk reaksi enzimatik, dan jika ada risiko kekurangan vitamin tertentu, maka pastikan untuk meningkatkan kadar mangan, selama masih dalam tingkat yang aman dan tidak beracun.
Otak dan sistem saraf : Mangan sangat penting untuk kesehatan fungsi otak dan juga digunakan untuk mengobati gangguan saraf tertentu. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena adanya superoksida dismutase, yang melunturkan radikal bebas di seluruh tubuh termasuk jalur saraf. Produk oksidasi sampingan seperti radikal bebas terdapat di mana-mana dalam tubuh, dan otak dapat terpengaruh secara negatif semudah yang dialami oleh bagian tubuh lain. Selain antioksidan, mangan juga dapat mengikat dengan neurotransmiter dan merangsang transmisi impuls listrik lebih cepat atau lebih efisien di seluruh tubuh – pada dasarnya mempercepat fungsi kognitif !
Metabolisme glukosa : Mangan membantu mengatur metabolisme glukosa dalam tubuh manusia. Ini adalah salah satu manfaat yang paling penting untuk menyediakan sumber kekuatan tubuh yang tepat untuk bagian yang berbeda. Ketika glukosa diserap dan dimanfaatkandengan benar oleh sistem organ dan otot, maka hanya ada sedikit kesempatan kelebihan penumpukan, yang berbahaya bagi diabetes. Pengelolaan diabetes yang baik pasti dibantu dengan tingkat kadar mangan yang tepat dalam tubuh.
Saluran Pencernaan : Mangan adalah mineral yang membantu menjaga fungsi pencernaan. Hal ini akan semakin meningkatkan penyerapan lemak selama proses pencernaan, dan juga mengurangi masalah-masalah seperti sembelit dan rasa ketidaknyamanan pada usus. digunakan .

Makanan sumber mangan terbanyak:

Sumber mangan yang paling penting adalah raspberry, nanas, bawang putih, anggur, bit, kacang hijau, beras, peppermint, gandum, kacang-kacangan, selada air, sawi, stroberi, blackberry , buah-buahan tropis, selada, bayam, cengkeh, kunyit, daun bawang, tahu, gandum, pisang, mentimun, kiwi, buah ara dan wortel. Sumber terbaik dan alami mangan lainnya adalah sayuran hijau, beras merah, kelapa, dan almond.

Peringatan :

Mangan adalah salah satu dari tiga mineral yang bisa beracun dalam tubuh manusia, yang artinya kita tidak bisa terlalu sedikit atau terlalu banyak. Pastikan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi suplemen mangan, karena dapat menyebabkan berbagai macam kondisi yang sangat berbahaya, beberapa di antaranya bahkan fatal. Kelebihan mangan dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson, atau menderita penyakit itu sendiri. Juga, bagi orang dengan kondisi liver harus berhati-hati untuk tidak terlalu banyak mangan, karena hati akan mengalami kesulitan untuk membuangnya, yang dapat menyebabkan psikosis, gangguan mental, dan tremor/kekejangan. Jika Anda dengan anemia, maka tubuh Anda akan mencoba untuk menyerap mangan sebanyak mungkin, sehingga juga bisa berbahaya. Jadi pantau asupan mangan Anda dengan cermat.
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-mangan-bagi-kesehatan-tubuh.html#sthash.nhyQyTvj.dpuf
Mangan atau manganesse adalah zat mineral dari makanan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh,seperti membangun struktur tulang yang sehat, metabolisme tulang, dan membantu menciptakan enzim penting untuk membangun tulang. Selain itu juga bekerja sebagai koenzim untuk membantu aktivitas metabolisme dalam tubuh manusia. beberapa manfaat mangan lainnya termasuk pembentukan jaringan ikat, penyerapan kalsium, berfungsinya kelenjar tiroid dan hormon reproduksi, mengatur tingkat gula darah, dan metabolisme lemak dan karbohidrat.
Mangan adalah mineral alami dalam tubuh kita dalam jumlah yang sangat kecil, dan sebenarnya merupakan senyawa enzim oksida dismutase yang super. Mangan juga merupakan zat antioksidan kuat yang akan mengelurakan radikal bebas dari dalam tubuh manusia.
Didalam Tubuh kita kemungkinan paling banyak terdapat 20 mg mangan, yang terkonsentrasi di ginjal, pankreas, hati dan tulang. Mangan juga sangat penting untuk fungsi normal otak dan aktivitas normal sistem saraf kita seluruh tubuh. Sejauh ini penelitian bisa mengatakan jika mineral ini merupakan mineral penting bagi setiap bentuk kehidupan.
Gejala Kekurangan Mangan
Gejala-gejala defisit termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kedutan, kram, kelainan tulang, kolesterol tinggi, penglihatan yang buruk, kesulitan mendengar, kehilangan memori yang parah, kedinginan dan tremor. Meskipun beberapa ahli medis berpendapat jika kasus kekurangan mangan cukup langka, namun lebih dari 35 % populasi dunia diperkirakan kekurangan mineral ini. Kebiasaan makan yang buruk adalah penyebab utamanya.

Manfaat mangan bagi kesehatan

Berikut ini adalah daftar manfaat mangan yang paling signifikan dan telah diteliti :
Tulang yang sehat: Mangan sangat penting untuk pertumbuhan dan normal struktur tulang yang tepat. Ini adalah mineral yang sangat efektif membantu peningkatan kepadatan mineral tulang belakang. Hal ini terutama berlaku dan berguna bagi wanita pasca-menopause, karena mereka paling banyak menderita kekurangan mangan setelah menopause
Radikal Bebas : Karena sifat antioksidan, mangan juga bermanfaat  menjaga aktivitas radikal bebas dalam tubuh manusia . Radikal bebas ini mampu merusak sel manusia dan menyebabkan kanker dan penyakit berat lainnya. Dengandemikian,  menambahkan suplemen mangan atau makanan kaya mineral ini adalah pilihan yang sangat baik terutama yang memiliki faktor risiko  berbagai penyakit .
Tingkat gula : Mangan juga telah menunjukkan efisiensinya mengendalikan tingkat gula dalam darah. Hal ini lebih lanjut dapat mencegah terjadinya penyakit tertentu seperti diabetes. Untuk mengontrol tingkat gula dalam darah, mangan bekerja dengan menormalkan sintesis dan sekresi insulin.
Epilepsi : Rendahnya tingkat mangan bisa memicu serangan epilepsi. Suplemen mangan dapat membantu mengendalikan kemungkinan terjadinya kejang epilepsi. Mekanisme yang tepat untuk ini tidak sepenuhnya dipahami, akan tetapi mangan telah ditunjukkan sebagai vasodilator dalam berbagai penelitian. Beberapa peneliti percaya bahwa ini adalah adalah kunci untuk kualitas anti epilepsi.
Metabolisme : Pengaturan metabolisme tubuh merupakan salah satu fungsi penting mangan. Mangan adalah enzim aktif yang membantu metabolisme glutamin, kolesterol, asam amino, dan karbohidrat. Hal ini juga penting untuk metabolisme Vitamin seperti Vitamin E dan Vitamin B – 1 . Selain itu, membantu fungsi hati agar bisa berjalan dengan baik dan lancar.
Peradangan dan Terkilir : Mangan adalah obat yangbanyak dikenal untuk membantu mempercepat kesembuhan keseleo serta peradangan,  karena membantu meningkatkan tingkat superoksida dismutase. Peningkatan ini disebabkan oleh sifat antioksidan. Superoksida dismutase, juga dikenal sebagai SOD, biasanya ditemukan dengan jumlah kadar yang sangat rendah pada pasien arthritis(rematik). SOD memiliki kualitas anti  inflamasi, dimana yang sangat dibutuhkan penderita arthritis. Menurut bebrbagai penelitian, menambahkan asupan mangan akan meningkatkan sintesis dan fungsi SOD yang terhubung dengan penurunan gejala kondisi ini.
iklan
Mencegah Osteoporosis : suplemen mangan yang terkait mencegah osteoporosis dan sindrom osteoarthritis,  karena merupakan mineral penting yang telah terbukti menambah kepadatan tulang dan kepadatan mineral secara keseluruhan. Namun, sebagai setiap individu berbeda dalam hal pembentukan dan perbaikan tulang, sehingga hasil penelitian masih agak kurang. Dalam pengujian terhadap manusia, sebagian besar penelitian kesehatan tulang yang dilakukan tidak hanya menggunakan mangan. Penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk mengetahui peran spesifik dan mekanisme mangan pada tubuh.
Kesehatan tiroid : Mangan adalah kofaktor penting bagi banyak enzim yang berbeda, dan merupakan senyawa penting dari tiroksin – bisa dibilang sebagai hormon yang paling penting dalam kelenjar tiroid. Berfungsinya kelenjar tiroid dan sintesis hormon akan menguntungkan untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk penurunan berat badan, nafsu makan, metabolisme, dan efisiensi sistem organ. Baca juga: Makanan yang harus dihindari oleh penderita sakit kelenjar tiroid
Mengurangi sindrom pramenstruasi : Fakta yang tidak dapat dihindari bahwa banyak wanita yang menderita sindrom pramenstruasi (PMS). Dalam situasi in, mangan dapat membantu untuk meringankan perubahan suasana hati, sakit kepala, depresi dan perasaan mudah tersinggung hingga batas tertentu. Penelitian telah menunjukkan kaitannya antara rendahnya berbagai mineral, termasuk mangan pada wanita yang menderita gejala PMS sangat parah, sehingga dianjurkan untuk minum suplemen. Dampak mangan pada fungsi hormonal tubuh bisa sangat terlihat, sehingga berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan suplemen mangan untuk PMS.
Membantu penyerapan vitamin : Mangan membantu menyerap vitamin penting seperti vitamin B dan E dan mineral seperti magnesium. Hal ini karena mangan berperan dalam reaksi enzimatik yang diperlukan untuk menyerap dan memanfaatkan vitamin yang diambil dari makanan. Mangan adalah salah satu kofaktor yang paling serbaguna untuk reaksi enzimatik, dan jika ada risiko kekurangan vitamin tertentu, maka pastikan untuk meningkatkan kadar mangan, selama masih dalam tingkat yang aman dan tidak beracun.
Otak dan sistem saraf : Mangan sangat penting untuk kesehatan fungsi otak dan juga digunakan untuk mengobati gangguan saraf tertentu. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena adanya superoksida dismutase, yang melunturkan radikal bebas di seluruh tubuh termasuk jalur saraf. Produk oksidasi sampingan seperti radikal bebas terdapat di mana-mana dalam tubuh, dan otak dapat terpengaruh secara negatif semudah yang dialami oleh bagian tubuh lain. Selain antioksidan, mangan juga dapat mengikat dengan neurotransmiter dan merangsang transmisi impuls listrik lebih cepat atau lebih efisien di seluruh tubuh – pada dasarnya mempercepat fungsi kognitif !
Metabolisme glukosa : Mangan membantu mengatur metabolisme glukosa dalam tubuh manusia. Ini adalah salah satu manfaat yang paling penting untuk menyediakan sumber kekuatan tubuh yang tepat untuk bagian yang berbeda. Ketika glukosa diserap dan dimanfaatkandengan benar oleh sistem organ dan otot, maka hanya ada sedikit kesempatan kelebihan penumpukan, yang berbahaya bagi diabetes. Pengelolaan diabetes yang baik pasti dibantu dengan tingkat kadar mangan yang tepat dalam tubuh.
Saluran Pencernaan : Mangan adalah mineral yang membantu menjaga fungsi pencernaan. Hal ini akan semakin meningkatkan penyerapan lemak selama proses pencernaan, dan juga mengurangi masalah-masalah seperti sembelit dan rasa ketidaknyamanan pada usus. digunakan .

Makanan sumber mangan terbanyak:

Sumber mangan yang paling penting adalah raspberry, nanas, bawang putih, anggur, bit, kacang hijau, beras, peppermint, gandum, kacang-kacangan, selada air, sawi, stroberi, blackberry , buah-buahan tropis, selada, bayam, cengkeh, kunyit, daun bawang, tahu, gandum, pisang, mentimun, kiwi, buah ara dan wortel. Sumber terbaik dan alami mangan lainnya adalah sayuran hijau, beras merah, kelapa, dan almond.

Peringatan :

Mangan adalah salah satu dari tiga mineral yang bisa beracun dalam tubuh manusia, yang artinya kita tidak bisa terlalu sedikit atau terlalu banyak. Pastikan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi suplemen mangan, karena dapat menyebabkan berbagai macam kondisi yang sangat berbahaya, beberapa di antaranya bahkan fatal. Kelebihan mangan dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson, atau menderita penyakit itu sendiri. Juga, bagi orang dengan kondisi liver harus berhati-hati untuk tidak terlalu banyak mangan, karena hati akan mengalami kesulitan untuk membuangnya, yang dapat menyebabkan psikosis, gangguan mental, dan tremor/kekejangan. Jika Anda dengan anemia, maka tubuh Anda akan mencoba untuk menyerap mangan sebanyak mungkin, sehingga juga bisa berbahaya. Jadi pantau asupan mangan Anda dengan cermat.
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-mangan-bagi-kesehatan-tubuh.html#sthash.nhyQyTvj.dpuf

1 comment:

linda said...

Thank you very much for this useful article. I like it. beauty blog
hotmail password

SEDIAKAN HIBAH TAKAFUL ATAU TUNAI SEGERA SEHINGGA RM500,000 KEPADA YANG TERSAYANG

HANYA RM100 SEBULAN UNTUK PAMPASAN MINIMA RM350,000 DAN BERGANDA UNTUK KELUARGA ANDA.. Risiko ada dimana-mana. Tidak kira tua ataupun muda. ...